5 Sisi Baik Introvert yang Belum Tentu Dimiliki Ekstrovert


Introvert bukanlah merupakan kepribadian yang buruk dan salah. Seperti halnya selera, orang mempunyai selera yang berbeda-beda dalam menyukai berbagai hal. Jika dicontohkan makanan, misalnya mbak A menyukai makanan yang manis sedangkan mas B menyukai makanan yang pedas. Sama halnya dengan kepribadian introvert dan ekstrovert, kedua kepribadian tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang berbeda satu sama lain. Berikut adalah 5 sisi baik yang dimiliki seorang introvert yang belum tentu dimiliki ekstrovert:

1. Setia


Seorang introvert mungkin tidak memiliki orang-orang dekat sebanyak seorang ekstrovert. Namun introvert akan menghargai dan menyayangi orang terdekatnya dengan sepenuh hati. Ia akan menunjukkan siapa jati dirinya yang sebenarnya kepada orang yang ia percaya dan jauh kemungkinan bahwa ia berniat mengkhianati orang tersebut. Saya tidak berkata bahwa orang ekstrovert tidak memiliki kesetiaan, tidak sama sekali. Tetapi seorang introvert akan lebih menghargai orang terdekatnya.


2. Dewasa



Mereka yang introvert cenderung lebih sering berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara ataupun bertindak. Mungkin sebagian orang menilai bahwa seorang introvert adalah orang yang telmi (telat mikir) dan lambat. Hal tersebut yang menjadikan seorang introvert memiliki sifat dewasa karena mereka mempertimbangkan segala konsekuensi yang akan mereka terima jika berbicara ataupun bertindak, "benarkah apa yang akan saya katakan?", "benarkah apa yang akan saya lakukan?", "akankah orang lain tersinggung?" mungkin kurang lebih seperti itu yang terlintas dibenak para introvert sebelum berbicara dan bertindak.

3. Sederhana




Seorang introvert cenderung menyukai kesederhanaan. Mereka akan senang dan bahagia walaupun melihat, mendengar atau merasakan hal-hal kecil seperti melihat hijaunya kebun teh, merasakan hembusan angin, mendengar suara hujan mungkin. Tentu saja untuk mendapat hal-hal tersebut tidak perlu mengeluarkan dana sepeserpun bukan?

4. Pendengar yang Baik


Jika seorang ekstrovert mungkin lebih senang bercerita dibanding mendengarkan cerita orang lain, seorang introvert justru lebih senang mendengarkan cerita orang lain karena itu dianggapnya dapat menambah wawasan dirinya. Bukan berarti seorang introvert akan diam dan tidak bercerita seumur hidupnya, mereka hanya akan mencurahkan isi hatinya kepada orang yang mereka percaya.

5. Mandiri


Introvert lebih sering menghabiskan waktunya menyendiri dan mencari tahu sendiri hal apapun yang ingin ia ketahui. Oleh karena itu, skill yang dimiliki seorang introvert rata-rata didapatkannya dengan mengulik sendiri (otodidak), seperti halnya penulis kondang yang telah dikenal dunia J.K Rowling. Siapa sih yang tidak tahu karangan beliau yang ikonik: Harry Potter? Beliau menekuni kegemarannya dengan mandiri sejak 6 tahun.


Banyak orang introvert merasa sulit untuk menjadi diri mereka sendiri dalam berbagai situasi, karena kebanyakan orang merasa lebih mudah dan nyaman untuk berada di sekitar orang ekstrovert. Namun perlu digaris bawahi bahwa menjadi seorang introvert tidaklah buruk sama sekali, mungkin banyak lagi hal-hal positif yang tidak dimiliki seorang ekstrovert. Jika ingin menambahkan silahkan komen ya teman-teman! Terimakasih☺

0 comments:

Post a Comment